Bisakah Saya Kuliah dan Apakah Kuliah itu Penting?



Biasanya pertanyaan itu muncul bagi kita yang sudah menginjakan kaki kita di bangku sekolah menengah atas dan mungkin banyak juga orang tua yang masih kepikiran apakah kuliah itu penting, sebenarnya  saya bukanlah ahli apapun yang dapat menjelaskan topik ini, namun saya hanya ingin berbagi sedikit  pendapat dan cerita dari kaca mata saya pribadi, mohon digarisbawahi bahwa ini hanya opini saya pribadi dan anda tidak harus mengikuti pendapat saya dan mempercayai bahwa apa yang saya katakan adalah benar sehingga mempengaruhi keputusan anda.

Baiklah kita kembali ke topik, seberapa pentingkah kuliah untuk masa depan kita?, menurut saya kuliah itu penting, tetapi saya tidak mengatakan 100 persen sangat penting, lalu mengapa demikian ?, pada saat anda atau anak anda berada di bangku sekolah SMA/Sederajat anda harus sudah memilih keputusan besar yang akan menentukan jalan hidup anda. Anda sudah harus menulis cita-cita pekerjaan anda dimasa yang akan datang, apakah anda ingin menjadi guru, dokter, perawat dll, atau bisa saja anda ingin menjadi guru lalu menjadi dokter misalnya, jika demikian maka bisa saya katakan kuliah itu penting buat anda, tetapi bila anda ingin memiliki pekerjaan sebagai pengusaha kontrakan, membuka usaha butik ataupun distro misalnya, maka bisa dikatakan kuliah tidak terlalu penting buat anda dengan catatan modal anda sudah cukup untuk membuka usaha, tetapi bila anda tidak memiliki modal, apa yang harus anda lakukan? tentu saja anda harus mengumpulkan uang lalu bagaimana caranya? ya anda harus bekerja. Pada saat anda mencari pekerjaan inilah, bisa dikatakan kuliah juga bisa menjadi penting kembali karena dimasa sekarang ini masih banyak perusahaan atau lapangan pekerjaan mengutamakan izasa untuk posisi dengan pendapatan  yang bagus, semua tergantung kondisi dan apa yang anda inginkan untuk pekerjaan anda kedepan, namun saya juga tidak mengatakan bahwa saat anda mencari pekerjaan, kuliah sudah pasti penting, tidak demikian pula, bila anda ingin menjadi artis, penyanyi ataupun penyiar radio misalnya, mungkin disini kuliah tidak terlalu penting dan mungkin masih banyak pekerjaan lain yang tidak membutuhkan izasa terlalu tinggi.

Saya ingin kuliah, bisakah saya kuliah? pertanyaan ini juga pernah menghantui saya saat saya duduk di SMA, menurut pendapat saya peribadi semua tidak ada yang tidak mungkin selama anda punya niat pasti banyak jalan menuju roma. Mungkin untuk anda yang ingin kuliah namun kekurangan biaya, anda dapat mencoba keberuntungan melalui jalur beasiswa misalnya, ada banyak jalur beasiswa anda tinggal mencarinya informasinya di google. Tetapi bila anda tidak mendapatkan beasiswa anda jangan dulu menyarah karena masih banyak tempat kuliah yang tidak begitu mahal namun berkualitas dan diakui di dunia kerja.

Sedikit berbagi cerita, saya sendiri saat itu sangat ingin melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, namun orang tua saya tidak cukup banyak uang untuk itu, lalu saya mencoba jalur beasiswa namun sayangnya kurang beruntung, namun kami tidak menyerah, kami mencari pinjaman sana-sini untuk menambah biaya masuk. Apalagi saat itu ayah saya hanya seorang tukang becak dan petani biasa, ibu saya setiap hari menabungkan sisa penghasilan keluaga berapapun untuk membayar biaya kuliah dan hidup saya dikota, saya sendiri hidup sangat irit dikota, saya terus mencari cara apa yang bisa saya lakukan untuk membantu diri saya sendiri. Saya sangat bekerja keras untuk belajar dan bisa menyerap ilmu lebih cepat, contohnya pada saat saya semester satu saya sudah mempelajari materi-materi yang ada di semester 3 dan begitu seteruanya. Saya belajar dari mana saja termasuk buku, internet kaka kelas dll, sampai akhirnya saya dapat membantu teman-teman yang kuliah dalam menyelasikan tugas kampus mereka, mereka membayar saya untuk mencari solusi  atas tugas-tugas mereka, saya juga bersedia membantu menyelesaikan TA ataupun Skripsi sesama mahasiswa, bahkan saya sampai nekat mempelajari matakuliah lintas jurusan hingga akhirnya saya dapat membantu teman yang menyelesaikan tugas akhirnya pada jurusan yang berbeda dengan saya, dari situ saya mendapatkan banyak sekali ilmu. kemudian dari hasil itu juga saya gunakan untuk membuka usaha jualan pulsa, perdana dll kecil-kecilan, dari sini cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan saya, sampai akhirnya saya lulus.

Dijaman sekarang ini anda juga dapat membuka usaha online, ikut bergabung dengan mitra ojek online, anda bisa mencoba freelance dll untuk membantu biaya perkuliahan anda, ada banyak cara yang dapat anda lakukan selagi anda mempunyai niat yang bagus untuk mewujudkan cita-cita anda melanjutkan keperguruan tinggi, tentu lebih baik jika semua pekerjaan sampingan anda tidak mengganggu waktu kuliah dan waktu belajar anda. Tentu saja setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, dan setiap orang memiliki caranya masing-masing, meskipun jika hasilnya tidak sebesar yang kita harapkan, tetapi saya yakin segala sesuatunya akan bernilai berkat kerja keras, jadi bagi anda yang ingin kuliah, semangatlah, belajarlah, berusahalah, jangan menyerah, berjuang dan buktikan, anda pasti sangat bisa, semoga niat bagus anda bisa terwujud. Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profile Page Screen - Flutter UI

Profile Page Berikut ini adalah contoh  source code untuk Design Profile Page menggunakan flutter,  sebelumnya jangan lupa untuk membua...